Sabtu, 04 Januari 2014

PARA PEMIMPIN MUDA ITU...


Pemuda adalah tahapan kuat diantara dua tahapan lemah, lemah karena masih anak-anak, dan lemah karena tua renta.
(QS Ar-Rum: 54)

Sesungguhnya Pemimpin kamu hanyalah Allah, Rasul-Nya, dan orang-orang yang beriman, yang mendirikan shalat dan menunaikan zakat, seraya mereka tunduk (kepada Allah). Dan barangsiapa mengambil Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman menjadi Pemimpinnya, maka sesungguhnya pengikut (agama) Allah itulah yang pasti menang.
(QS. 5:55-56)

“ Oleh karena itu, sejak dulu hingga sekarang
pemuda merupakan Pilar kebangkitan.
Dalam setiap kebangkitan,
pemuda adalah rahasia kekuatannya.
Dalam setiap fikroh,
pemuda adalah pengibar panji-panjinya
(Imam Syahid Hasan al-Banna)


Asy-Syabab fil Islam :

1.Ibrahim a.s. Adalah sosok cerdas & kritis terhadap kemapanan ideologi yg menyesatkan kaumnya. Berhadapan dengan Aazar (ayahnya) dan Namrud.
2.Daud a.s. Kemuakannya terhadap rezim Jalut yg akhirnya dibunuhnya dengan ketapel. Dan akhirnya Daud diberi Allah kepemimpinan dan hikmah.
3.Ashabul Ukhdud. Sekelompok pemuda beriman, dibakar diparit bukan akhir perjuangan tapi puncak perlawanan. Rakyat turut masuk ke api dan sang rajapun tidak berarti kekuasaannya (Najran di Yaman)
4.Yusuf a.s. Modal kecerdasan dan keteguhan pribadi menjadikan beliau bendahara negara Mesir sekaligus mampu menyelamatkan krisis.
Mujahidun linnafsihi, sebagai benteng menolak ajakan Zulaikha.

Al-Qur’an memaparkan sosok terbaik ia adalah Muhammad SAW. Bersama pamannya, berkeliling jazirah. Diusia 17 tahun sudah menjadi pahlawan Fujjar. Tampil sebagai problem solver perkara hajar aswad dan diusia 40 thn, khatimul anbiya wa rahmatan lil-”alamin.

Generasi muda didikan Rasulullah SAW.

Ali bin Abi Thalib, 10 tahun masuk Islam; gerbangnya ilmu (hukum); rela berkorban demi nabi
Mush’ab bin Umair, usia 20 th mengemban misi duta Islam pertama di Madinah
Usamah bin Zaid, usia 17 th sebagai panglima termuda
Muhammad Al-Fatih Murad, 21 th pembebas konstaninopel

“…Sesungguhnya mereka itu adalah pemuda-pemuda yang beriman kepada Tuhan mereka dan Kami tambahkan kepada mereka petunjuk; dan kami telah meneguhkan hati mereka di waktu mereka berdiri (di hadapan penguasa)..” (QS Al Kahfi:13-14)


MEREKA....PEMUDA VISIONER ITU...Memiliki:

Pertama, Orientasi yang benar (Shihhatul ittijah) sebagai Visi. ia adalah kunci sukses kepemimpinan dan kepemimpinan adalah kunci sukses organisasi. ia adalah dasar Paradigma yang yang mengarahkan berbagai tujuan seseorang. “ Barang siapa berkeinginan kuat berjumpa dengan Allah, maka hendaklah dia memproduksi amal sholeh dan tidak memberikan tandingan apapun untuk Allah tatkala dia beribadah kepada – Nya”. (Qs. Al Kahfi : 110)

Kedua, memiliki tugas yang benar (Shihhatur risalah) yaitu sebagai Misi
Adalah upaya untuk Menjadi Ahli Ibadah dan Ahli Dakwah (Kholifah) dan tentunya Menegakkan nilai – nilai Islam. “Tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia, melainkan hanya untuk beribadah kepada – Ku ”. (Qs. Adz Dzariyat : 56) dan “….sesungguhnya Aku akan jadikan (manusia) sebagai kholifah…” (Qs. Al Baqoroh : 30)

Ketiga, memilki strategi yang jitu (Shihhatut takhtith ) yakni, seberapa besar ia mengenal diri dan lingannya. bahwa “Setiap amal mempunyai masa semangat, dan setiap masa semangat terdapat pula masa turun semangat. Maka barangsiapa yang masa lemah semangatnya masih berada dalam sunnahku maka ia telah mendapat petunjuk. Dan barangsiapa yang pada masa lemah semangatnya jauh dari sunnahku, maka sungguh ia berada dalam kesesatan.” (HR. Tirmidzi)… Dan Penguasaan Lapangan;
Kematangan dan keberhasilan seorang aktivis akan sangat dipengaruhi oleh seberapa lama interaksinya dengan medan (lapangan) da’wah dan seberapa besar ia mampu memahami masyarakatnya.

Dan kelima, ia memiliki (Shihhatul baromij) yakni Disain amal yang terarah. Sholat di masjid, Puasa Ramadlan / Senin – Kamis, Zakat dan Infaq, Baca Alqur’an, Kajian Islam dan berbagai aspeknya (Sosial,budaya,technologi maupun politik) dan tentunya Bekerja Profesional mencari Nafkah.

Ya Allah Berikan aku hidayah untuk dapat melaksanakan semuanya dengan baik…dengan penuh istiqamah kepadamu ya Allah…saudara-saudaraku mari kita saling mendoakan untuk dapat melaksanakan disain amal ini…subhanallah…bersykurlah pada mereka yang telah istiqamah menjalankannya…“…Di dalamnya (masjid) ada orang-orang yang gemar membersihkan dirinya (dari dosa). Dan Allah mencintai orang – orang yang gemar membersihkan dirinya.” (Qs. At Taubah : 108)

Dan akhirnya Shihhatul baromij, berpotensi memproduk pemimpin yang memilki pertama, INTEGRITAS yang baik. Yakni; terjadi Kesesuaian antara lisan, hati dan tindakan, Keteladanan, Moralitas, Kepercayaan dan Karakter yang khas. Kedua, memiliki Naluri. KEMAUAN KUAT yakni, Dorongan Hati, Gelora Semangat Yang Tak Pernah Padam, “Jika ada 100 orang pejuang maka saya ada didalamnya, jika tinggal 10 orang maka sayapun ada didalamnya, dan jika tinggal 1 orang maka sayalah orangnya.” dan yang ketiga, ia memiliki jiwa COMPETITIVE YAKNI, Daya Saing yang tinggi, Karakter Kuat, Mental Tangguh dan Percaya Diri, Inovatif dan Kreatif, Cerdas dan Berwawasan Luas, Tanggung Jawab dan memiliki Mobilitas yang tinggi.